Mengenal Lebih Dekat Apakah Itu Sexomnia ?

Mengenal Lebih Dekat Apakah Itu Sexomnia? - Apakah anda pernah mendengar kata sexomnia ? Mungkin sebagian besar dari masyarakat Indonesia jarang yang tahu apakah itu sexomnia. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini, kami akan sedikit membahas apa itu sexomnia.

Sexomnia adalah sebuah keadaan seseorang dimana ia dengan tidak sadar melakukan hubungan intim ketika ia sedang tertidur. Ini seperti tidur berjalan, atau juga semacam masturbasi ketika tidur dan lain sebagainya. Menurut Surat kabar India Times (9/6), sexomnia ini memang benar-benar terjadi didunia dengan melibatkan banyak orang-orang yang sedang tidur,  kemudian mereka bangun dan melakukan seks bersama orang lain dalam keadaan terlelap. Ketika ia bangun, ia tidak akan sadar apa yang sudah diperbuatnya selama tidur.


Menurut para ahli kesehatan, sexomnia sebenarnya ini bukanlah sebuah penyakit yang baru. Pada tahun 1996, para ahli kesehatan di Kanada, pernah menuliskan sebuah makalah penelitian mengenai gangguan yang anehtersebut. Tulisan itu akhirnya baru diterbitkan dalam Canadian Journal of Psychiatry pada bulan Juli 2003.


Dalam studi tersebut tidak banyak orang-orang yang mengetahui dan juga mengambil pusing atas gangguan seperti itu. Kebanyakan orang-orang tidak mau menanggapinya dengan serius. Tetapi dalam beberapa tahun terakhir ini, gangguan medis tersebut mulai menjadi sebuah bahan diskusi panjang dibeberapa negara. Mengingat mulai banyaknya kasus perkosaan serta kekerasan seksual yang disebabkan oleh masalah sexomnia.

Apakah penyebab dari penyakit sexomnia?

Penyebab utama sexomnia adalah parasomnia, yaitu suatu keadaan dimana kita telah terjebak dalam kebingungan antara sedang tidur atau terjaga. Mungkin beberapa orang akan menyangka bahwa dirinya sedang bangun dan juga melakukan beberapa kegiatan yang berbau seks. Tetapi sebenarnya mereka-mereka tersebut tengah tertidur pulas dan tak bisa mengontrol apa yang dilakukannya sendiri.

Contoh beberapa kegiatan yang sering dilakukan penderita sexomnia, ada yang cuma masturbasi, namun juga ada yang sampai melakukan hubungan intim. Bahkan pada kasus yang terparah bisa melakukan pemerkosaan.


Demikianlah sedikit pejelasan mengenai sexomnia, mungkin tulisan ini bia menjadi menambah wawasan anda di dunia kesehatan. Jangan lupa baca artikel lainnya yaa....Terima kasih