MASUKKAN KODE SLIDESHOW DI SINI

3 Penyakit Kelamin Pada Pria Yang Perlu Anda Ketahui

bahaya seks bebas
3 Penyakit Kelamin Pada Pria Yang Perlu Anda Ketahui  - Kelamin merupakan salah satu organ yang memiliki peran penting dalam siklus tubuh manusia. Akan tetapi walaupun demikian, ternyata kelamin juga bisa terkena penyakit yang banyak orang tidak mengetahuinya. Menurut pakar kesehatan penyakit kelamin merupakan jenis penyakit yang disebabkan oleh kuman yang salah satu cara penyebarannya dengan ditularkan melalui hubungan seks oral maupun melalui hubungan antar kelamin. Maka dari itu, untuk menghindari penyakit kelamin ini dianjurkan agar tidak melakukan hubungan seks secara sembarang dengan orang lain. Setia pada pasangan atau menggunakan alat pengaman seperti kondom adalah alternatif untuk mencegah penyakit kelamin.

Berikut ini adalah beberapa penyakit kelamin yang bisa mengancam kesehatan dan kekuatan penis pria :


1. Penyakit menular seksual

HPV genital, klamidia, herpes kelamin, gonore, sifilis, dan moluskum merupakan beberapa jenis penyakit menular seksual yang banyak menyerang penis. Meski mudah menular, penyakit-penyakit ini sebenarnya dapat dicegah dengan menggunakan kondom saat melakukan hubungan seksual.



2. Penyakit kelamin peyronie

Penyakit kelamin Peyronie atau penis bengkok ditandai oleh plak atau benjolan keras, yang terbentuk pada jaringan ereksi penis. Plak sering terbentuk karena suatu peradangan yang dapat berkembang menjadi jaringan fibrosa. Meskipun penyebab penyakit Peyronie tidak diketahui pasti, beberapa dokter berteori bahwa kelengkungan terjadi akibat adanya trauma pada penis. Pada kondisi normal, ereksi penis biasanya lurus seperti panah. Tapi pada penderita Peyronie, penis bisa melengkung tajam ke arah kiri, kanan, atas atau bawah, bahkan menjadi lebih pendek, sehingga membuat hubungan seksual tidak mungkin terjadi.

3. Penyakit kelamin phimosis

Phimosis merupakan istilah yang menggambarkan keadaan kulup penis yang tak dapat ditarik. Normalnya kulit diujung penis dapat ditarik pada usia 10 tahun atau menginjak pubertas. Penyebabnya kemungkinan adalah kegagalan kulup melonggarkan diri selama pertumbuhan. Bisa juga karena infeksi balinitis, cacat atau penyakit alat kelamin. Phimosis dapat menyebabkan rasa sakit pada penderita saat berkemih jika kulup lengket dan menutup lubang penis. Penyumbatan ini disebabkan kotoran urine yang mengkristal dalam kulup.

Demikianlah artikel singkat tentang 3 penyakit kelamin pada pria yang perlu anda ketahui, semoga bermanfaat.