5 Dampak Negatif Alkohol Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

akibat buruk alkohol bagi tubuh manusia
5 Dampak Negatif Alkohol Bagi Kesehatan Tubuh Manusia - Semua orang pasti mengetahui bahwa alkohol tidak baik dikonsumsi oleh manusia. akan tetapi banyakdi kalangan masyarakat yang mengkonsumsi minuman tersebut. Alkohol merupakan minuman yang sudah dikenal sejak zaman dahulu kala.

Oleh pakar kesehatan alkohol dikenal sebagai minuman yang memiliki ratusan bahkan ribuan dampak negatif bagi tubuh. Meskipun alkohol juga memiliki dampak positif bagi tubuh, namun dampak negatifnya jauh lebih besar. Terlebih jika alkohol dikonsumsi dengan jumlah yang berlebih. Untuk mengetahui lebih jauh dampak negatif alkohol terutama kesehatan, berikut kami jelaskan 5 ( lima ) dampak negatif alkohol bagi kesehatan tubuh.

1. Menyebabkan Kerusakan Sistem Saraf

Mengkonsumsi alkohol dalam jumlah sedikit ataupun banyak selain memabukkan juga dapat mengganggu sistem saraf otak dan menyebabkan kerusakan secara perlahan. Bahkan jika diminum dengan jumlah yang sangat banyak dan melebihi kapasitas tubuh, dapat menyebabkan overdosis dan kematian.


2. Menyebabkan Gangguan Jantung

Berbagai kandungan zat berbahaya dalam alkohol dapat menyebabkan kerusakan semua fungsi organ tubuh termasuk jantung. Mengkonsumsi alkohol secara rutin dan berlebih dapat menyebabkan gangguan jantung seperti meningkatnya denyut jantung, sesak napas, dada terasa nyeri, napas tersumbat dan serangan jantung.

3. Alkoholisme (mengkonsumsi alkohol yang berlebihan) menaikkan tingkat estrogen pada pria.

Hal ini pada gilirannya akan mengganggu hormon dan pengembangan sperma. Mengapa? Karena alkohol adalah racun yang cenderung untuk membunuh sel-sel yang menghasilkan sperma pada pria. Lebih buruk lagi, alkoholisme kronis dapat menyebabkan atrofi di testis, ginekomastia dan kurangnya minat seksual.

4. Menurunkan Kecerdasan

Kandungan berbagai zat berbahaya dalam alkohol menyebabkan kerusakan fungsi otak secara perlahan, termasuk menurunkan kecerdasan, konsentrasi dan daya ingat seseorang.

5, Menyebabkan Ketidaknyaman Dalam Tubuh

Seperti yang diketahui, alkohol memiliki efek memabukkan. Selain memabukkan, mengkonsumsi alkohol juga seringkali disertai dengan gejala fisik lain seperti sakit kepala, mual, muntah, nyeri, kecemasan dan lain sebagainya yang semuanya menyebabkan ketidaknyaman dalam tubuh.

Demikianlah pembahasan 5 Dampak Negatif Alkohol Bagi Kesehatan Tubuh Manusia. Setelah kita mengetahui dampak negatif dari mengkonsumsi alkohol, maka seharusnya kita tidak mengkonsumsinya. jauhkan kita dan keluarga kita dari minuman beralkohol.